Pengalamanku dengan Bayi Newborn

Manfaat Bayi Newborn

Menjelang kelahiran, saya mulai dirundung banyak pikiran bertubi-tubi, seperti “Nanti kalau Calvin sudah lahir, gimana ya cara mandiinnya? Cara gendongnya? Cara menyusuinya? Dan sebagainya…” karena wajar saja sih, soalnya kan saya belum pernah punya bayi seumur-umur, hehe…

Akhirnya saat 3 bulan pertama Calvin lahir, saya benar-benar mengurus Calvin sendiri nyaris tanpa dibantu siapapun walaupun sebenernya di rumah ada mama, tapi karena mama saya sudah terlampau lama banget tidak memegang bayi, jadi ya wajar sudah lupa-lupa dan kaku, ditambah pola asuh mama dan saya sendiri sangat berbeda. Saya malahan banyak belajar mengenai cara mengasuh bayi newborn dari suster-suster di RS tempat saya lahiran. Apa aja yang ditanyakan? Wah, banyak banget saya tanya ini-itu, mungkin suster dan dokternya aja sampai males ngeladenin saya kali, hehe… Selain itu ada beberapa referensi yang saya cari tahu sendiri lewat artikel dan internet. Tapi sekali lagi, itu semua kan baru sebatas teori. Prakteknya bagaimana?

Nah karena dulu saya pernah mengalami banyak kebingungan walaupun sudah bertanya sana-sini, sekarang saya coba share ya pengalaman saya merawat bayi newborn, siapa tahu bisa bermanfaat bagi para Moms sekalian:

Menjemur bayi
Agar kulit bayi tidak kuning, disarankan untuk menjemur bayi pada pagi hari sebelum jam 9 pagi, supaya tidak terlalu terik. Usahakan kulit bayi terekspos langsung sinar matahari selama kurang lebih 15 menit. Bila berjemur di dalam ruangan dan tidak terkena sinar matahari langsung, durasinya disarankan lebih lama, sekitar 30 menit dengan posisi jemur yang diganti-ganti, hadap belakang-depan. Tapi jangan sampai mata bayi langsung berhadapan dengan arah matahari, bisa ditutupi pakai penutup mata atau digendong berlawanan dengan arah matahari.

Menggendong Bayi
Satu tangan harus bisa menahan kepala dan leher bayi, sedangkan 1 tangan lagi menahan pinggang dan pantat bayi, atau bisa juga gunakan 1 tangan dan lengan menahan seluruh badan bayi, dengan kepala bayi diletakkan di lengan kita, dan 1 tangan menjaga dari sisi bawah. Sebenarnya untuk gaya menggendong bayi bisa berbeda-beda setiap orang, tergantung kenyamanan masing-masing, yang penting kepala dan badan bayi tetap terjaga baik.

Memandikan Bayi
Biasanya sebelum dimandikan, saya menggunakan washlap untuk mengelap Calvin. Saya baringkan Calvin di baby tafel, kemudian saya lap kepala, muka, leher, badan, tangan, kaki dengan washlap yang sudah dicelup air hangat dan sedikit shampo utk rambut dan sabun untuk badan. Setelah semuanya selesai,  baru saya bilas, lalu saya gendong Calvin dengan 1 tangan dan tangan satu lagi mengambil air untuk mengguyur pelan-pelan. Sewaktu tali pusat belum puput, saya mandikan bayi 1 hari sekali dgn air hangat. Setelah puput, baru frekuensinya 2 kali sehari, di atas jam 8 pagi dan di bawah jam 4 sore.

Tali Pusat
Ini menurut saya lumayan menegangkan, karena benar-benar jadi pengalaman pertama memandikan bayi dengan tali pusat yang masih menempel. Untuk perawatan tali pusat sendiri, saya menggunakan alkafil, kain kasa dan Betadine, jadi sekitar tali pusat dibersihkan dahulu dengan alkafil, lalu pelan-pelan dibungkus dengan kain kasa steril, sedangkan kalau berdarah (atau amit-amit bernanah), baru saya teteskan Betadine. Tiap kali kain kasa terlihat basah, segera ganti dengan yang baru ya Moms, supaya tetap higienis.

Mata Bayi
Terkadang bayi newborn memiliki kotoran (semacam belekan) di matanya, untuk itu, bersihkan ujung matanya dengan kapas yang dibasahi air hangat.

Rambut
Cuci rambut bayi dengan shampo khusus bayi dua kali seminggu. Cukup tuang 1-2 tetes, lalu campur air hangat sedikit, dan gosok-gosok lembut ke kepala bayi, usahakan jangan sampai terkena mata, kemudian bilas sampai bersih.

Hidung & Telinga
Hidung bayi newborn tidak perlu dibersihkan sampai ke dalam-dalam, cukup bersihkan kotoran hidung yang terlihat saja dengan cara diseka pakai cotton buds atau tisu. Untuk daun telinga bisa dibersihkan saat memandikan bayi dengan cotton buds atau kapas yang dibasahi air hangat, bersihkan pelan-pelan.

Mulut
Dulu saat Calvin berusia 2 minggu, saya baru rutin membersihkan mulutnya tiap hari dengan produk Mam Oral Care Rabbit yg sudah saya rebus supaya steril, kemudian dikenakan seperti sarung tangan dan dimasukkan ke mulut Calvin. Sebelum usia 2 minggu, saya membersihkan mulut Calvin cukup seminggu sekali.

Kuku
Tahu gak Moms, kuku bayi newborn itu relatif cepat lho tumbuh panjangnya. Makanya seminggu sekali saya potong kuku Calvin dengan gunting kuku khusus bayi. Memang pas awal-awal agak ngeri sih, takut kena kulitnya, walaupun sebenarnya gunting kukunya juga sudah didesain aman digunakan untuk bayi. Kalau memang masih takut-takut pakai gunting kuku, bisa dicoba menggunakan kikir elektrik khusus bayi, Moms.

Pantat Bayi
Saya sudah memakaikan popok dari awal Calvin lahir. Sebenarnya antara popok kain atau popok sekali pakai sama-sama ada plus minusnya masing-masing. Cuma kalau popok kain walaupun biayanya lebih hemat, harus punya ekstra waktu dan tenaga untuk rajin mencuci ulang. Padahal dalam sehari bayi newborn bisa 4-5 kali pup, hehe… Karena itu saya mantap memilih popok sekali pakai. Setiap minimal 4 jam harus kita periksa popoknya, apakah basah atau ada pup? Bila basah, segera ganti supaya bayi merasa nyaman dan tidak rewel. Bila ada ruam merah-merah, segera oleskan diaper cream di area yang terkena ruam.

Menyusui Bayi
Susui bayi newborn dengan patokan setiap 2 jam sekali, atau jika bayi minta. Nah, bisa tahu dari mana kalau bayi minta menyusu? Biasanya bila lapar, bayi akan refleks menangis, nah coba saja dikasih susu. Kalau si bayi lagi enak tidur lelap lewat dari 2 jam, bagaimana? Menurut dokter, ada baiknya kita bangunkan untuk tetap disusui supaya tidak merusak jam menyusu bayi. Karena bayi yang terbangun akibat terlalu lapar bisa semakin menolak menyusu, lho Moms…

Catatan Lain-Lain:
Untuk perlengkapan yang saya gunakan saat merawat Calvin, boleh dibilang cukup minimalis dan tidak heboh-heboh amat. Jadi cuma sabun, shampo, diaper cream dan baby oil untuk keperluan pijat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s