Mitos Koin & Pusar Bayi

Manfaat Koin Pusar

Dulu saya sering mendengar mitos tentang menempelkan koin ke pusar bayi untuk mencegah pusarnya bodong. Jadi katanya uang koin akan dililitkan dengan kain bedong dengan posisi di atas pusar sehingga menekan pusar masuk ke dalam.

Tapi saya pikir, kok kasihan ya bila pusar bayi ditempelin koin soalnya setelah puput saja, saya sendiri merasa ngeri bila kesenggol, soalnya masih terlihat luka basah gitu, apalagi ditempel koin segala, takutnya malah nanti infeksi lagi.

Sebenarnya pusar bayi telihat menonjol itu wajar, kecuali kalau bayinya menderita hernia, nah itu baru perlu tindakan medis. Jadi untuk bayi yang baru lahir, otot dinding perutnya masih lemah sehingga bisa membuat pusar terdorong keluar. Tapi biasanya ini terjadi karena bayi terlalu sering menangis dan ngulet, tapi nanti bila sudah gedean, kan dinding perutnya bakal tambah kuat, nanti pusarnya juga harusnya akan berubah sendiri.

Justru kebiasaan menutup pusar dengan koin malah bisa bikin infeksi bila pusar bayi yang baru aja puput dan belum kering. Soalnya kuman yang menempel di koin yang tidak steril bisa masuk lewat luka di pusar tersebut. Lagipula bila lukanya masih basah, kalau tertutupi terus, malah jadi susah kering dan sembuhnya jadi lama.

Jadi pas pusar bayi sudah puput atau lepas, lebih baik kita biarin saja terbuka, cukup kita teteskan betadine supaya tidak infeksi dan luka cepat mengering. Baru bila terjadi infeksi, ya ditutup lukanya dengan kain kasa. Terus juga sebaiknya jangan ditaburin bedak ya, nanti malah jadi penyebab infeksi juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s