Film “Truly Asia” Luar Dalam!

Screen Shot 2018-10-07 at 9.16.24 PM.png

Ssstt… sudah nonton film yang belakangan lagi viral ini, Moms? Bulan lalu saya dan suami akhirnya nyempetin juga nonton film Crazy Rich Asians! Sungguh ini salah satu film yang sangat memorable dan enjoyable banget buat saya. Terlepas dari beberapa scene yang janggal, terlalu berlebihan atau bahkan tidak masuk akal (yah, namanya juga film sih), tapi menurut saya, film Crazy Rich Asian tetap layak ditonton sebagai hiburan yang berkualitas dengan kekayaan visual yang sangat memanjakan mata.

Buat yang belum nonton, tenang disini saya tidak akan bocorin spoiler filmnya kok, cuma tertarik mengulas key message yang disampaikan di dalamnya. Menurut saya, film ini bener-bener truly Asia luar-dalem, bukan cuma karena sutradara dan semua cast pemainnya keturunan Asia lho, tapi value dan insight yang dibawakan memang sangat mewakili nilai-nilai kultur orang Asia. Kalau mau lebih spesifik lagi, lebih tepatnya nilai-nilai kultur Chinese descendants.

Yah, yang paling gampang sih soal perjodohan. No matter how good your calon is, your Asian mom will always say another. Ini menurut saya hampir selalu ada di seluruh keluarga berdarah Asia, tidak peduli dari kalangan menengah atas ataupun menengah bawah. Lalu ada juga insight nilai-nilai tentang respek pada ortu, keterikatan pada keluarga besar, prinsip family comes first, dan sebagainya.

Tapi somehow yang bikin ironis adalah melihat film ini justru saya semakin dibelalakkan matanya melihat tentang bagaimana kebanyakan orang Asia saat ini justru berubah menjadi terlalu materialistis ketimbang stereotip zaman dulu, kalau orang Barat itu lebih materialistis dibanding orang Asia yang santun dan serba ewuh-pakewuh. Tahu gak, Moms, kalau menurut survei terkini, di Tiongkok sendiri, syarat ideal menikah itu katanya harus punya rumah dan mobil lho, bukan melihat kecocokan atau kepribadian pasangan. Nah lho, sudah separah itu kan. Apakah nanti Indonesia akan menyusul seperti disana?

Tapi diluar semua itu, film Crazy Rich Asians tetep membawa banyak lawakan segar, pelajaran moral dan adegan romantis yang pastinya bikin banyak wanita klepek-klepek! ❤️

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s