My Essential Oil Experience

YL 39-caption

Awal perkenalan saya dengan essential oil dimulai pada awal tahun 2018, dimana saya mendapatkan hadiah beberapa botol Young Living dari sahabat lama saya. Sejujurnya bicara soal essential oil, saya tadinya termasuk orang yang sangat awam sekali. Saya kira essential oil itu hanya sebatas wewangian aromaterapi saja, kayak lilin-lilin yang biasa dipakai di tempat spa. Begitupun saat dijelaskan bahwa essential oil punya banyak manfaat untuk kesehatan, saya sempat skeptis, mengira itu hanya trik jualan supaya produknya laku.

Hingga kemudian saya mendapat kesempatan bertemu dengan komunitas pengguna essential oil Young Living di Jakarta. Saya jadi semakin tertarik untuk merasakan pengalaman menikmati essential oil dan tidak sabar untuk membagikan pengalaman itu ke teman-teman yang lain.

3-caption

Nah, buat Moms yang belum tahu, apa sih essential oil itu? Essential oil dalam terjemahan bahasa Indonesianya adalah “minyak atsiri”, merupakan minyak murni hasil ekstrak atau penyulingan nabati yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Young Living sendiri adalah salah satu produsen essential oil terkemuka di dunia dan memiliki standar teknologi “Seed to Seal” untuk memastikan kualitas essential oil tetap prima dan tersimpan sempurna di dalam botolnya.

YL 20-caption

Tapi sebagai pemula, tentunya saya bingung mau mencoba varian essential oil yang mana, karena jumlahnya banyak sekali! Produk essential oil Young Living secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu single oil (minyak tunggal) dan blend oil (minyak kombinasi). Nah, dari dua jenis itu, varian essential oil yang tercipta bisa mencapai puluhan, bahkan mungkin mendekati 100 jenis sendiri!

Nah, karena itu para pemula seperti saya disarankan untuk mencoba Paket Premium Experience Package (dulu namanya Premium Starter Kit) sebagai paket awal untuk menikmati pengalaman essential oil secara menyeluruh. Dapat apa sih, di dalamnya?

Isi Premium Experience Package:

  1. 12 Essential Oil Terpopuler (Digize, Stress Away, Lavender, Aroma Ease, Thieves, Peppermint, Frankincense, R.C., PanAway, Copaiba, Purification, Lemon)
  2. 1 Desert Mist Diffuser
  3. Resep Essential Oil, VCO (Virgin Coconut Oil), dan Botol Roll-On
  4. Biasanya ada bonus-bonus bawaan lagi bila kita membeli dari distributor independen, seperti oil pouch atau diffuser bag.

YL 24-caption

Dengan adanya paket starter kit di atas, saya sudah tidak perlu lagi bingung mau mencoba varian essential oil yang mana, karena sudah dipilihkan 12 varian essential oil Young Living yang terpopuler. Dari semuanya itu, favorit saya adalah:

  1. Essential Oil Lavender
    Ini jelas favorit pertama saya, karena aroma Lavendernya sangat lembut dan bikin rileks banget. Kalau dioleskan ke kulit, juga rasanya adem dan wangi, paling enak bila sebelum tidur malam, kaki kita dioles essential oil Lavender sambil dipijat-pijat ringan.
  2. Essential Oil Peppermint
    Nah, ini andalan saya banget kalau pas lagi pusing atau pilek. Tinggal hirup aroma mentholnya yang kuat atau oleskan sedikit di pelipis, rasanya legaaa banget!
  3. Essential Oil Thieves
    Essential oil ini bersifat melindungi, meningkatkan sistem imunitas tubuh kita supaya tidak mudah sakit. Aromanya herbal dan rempah banget, karena memang ada kandungan cengkehnya. Kenapa dinamai “Thieves” (pencuri)? Karena sejarahnya dulu di abad pertengahan, saat Eropa sedang terkena wabah penyakit dan banyak orang tewas dimana-mana, ada 4 pencuri yang menggunakan formula minyak rahasia supaya tidak tertular penyakit saat mencuri harta benda yang ditinggalkan. Resep formula rahasia itulah yang dipercaya menjadi cikal-bakal kandungan essential oil Thieves.
  4. Essential Oil PanAway
    Kalau badan terasa pegal linu, capek-capek, essential oil yang ini cocok banget bikin pain jadi go away. Tapi awas jangan dioleskan terlalu banyak, karena sifat minyaknya panas, mirip seperti minyak gosok.
  5. Essential Oil Stress Away
    Saat deadline pekerjaan menumpuk dan pikiran sumpek, paling enak menghirup aroma essential oil Stress Away. Nyalakan essential oil ini lewat diffuser, hirup dalam-dalam aromanya dan pikiran sumpek pun akan perlahan mereda.

Nah, apa sih bedanya essential oil dari Young Living dengan aromaterapi biasa? Bedanya produk Young Living sudah bersifat therapeutic-grade, bukan sekedar aromatic-grade. Artinya essential oil Young Living tidak hanya bersifat aromatik saja namun bila dioleskan ke tubuh mampu memiliki khasiat tersendiri.

YL 18-caption

Ini foto Calvin yang lagi asyik mantengin Desert Mist Diffuser yang sedang menyala. Ini adalah mesin yang akan menyebarkan uap dan aroma essential oil ke seluruh sudut ruangan. Cara pakainya gampang banget, Moms. Tinggal kita isi air ke dalamnya, lalu teteskan beberapa tetes essential oil yang kita pilih, kemudian colok kabelnya dan nyalakan. Saat beroperasi, Desert Mist Diffuser ini bisa berpendar mengeluarkan cahaya warna-warni yang berganti-ganti, sehingga bisa dijadikan lampu tidur juga.

YL 23-caption

Namun perlu diingat ya, Moms… walaupun essential oil punya banyak manfaat bagi kesehatan, tetap saja essential oil bukan obat yang diklaim mampu menggantikan pengobatan medis dari dokter. Fungsi essential oil adalah sebagai penunjang dan penyeimbang kesehatan diri kita. Bila kita jatuh sakit, ya tetap harus ke dokter dan mengkonsumsi obat yang diresepkan.

Buat Moms yang masih skeptis dengan essential oil (seperti saya dulu), yang terkadang kepikiran, “Ah, masa sih minyak wangi-wangian gitu saja katanya bisa begini-begitu?”, boleh kita bandingkan dengan minyak kayu putih, Moms. Sebenarnya tanpa sadar, minyak kayu putih itu pun juga essential oil, lho, dari hasil penyulingan daun Eucalyptus. Nah, bila kita saja percaya dengan khasiat dan cara kerja minyak kayu putih, seharusnya kita juga bisa percaya dengan khasiat dan cara kerja essential oil.

Untuk Moms yang tertarik dengan produk-produk Young Living dan ingin memperoleh informasinya lebih lanjut, bisa langsung cek ke akun Instagram distributor independen berikut ini: @potion_oil

Ya sudah, sampai di sini dulu sharing pengalaman saya dengan essential oil Young Living. Jadi apa varian essential oil favorit dari Moms?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s